Blog ini tentang promosi "Travel Indonesia"

Simpang Lima Semarang, Pusat Aktivitas Warga Semarang

 


Simpanglima merupakan salah satu Landmark atau tempat yang memberi ciri khas bagi kota Semarang. Tempat ini juga berfungsi sebagai alun-alun yang berada di tengah-tengah persimpangan Jl. Pandanaran di sebelah barat, Jl. A. Yani di sebelah timur, Jl. Gajahmada dan Jl. Pahlawan di sebelah timur, sementara disebelah timur laut ada Jl.KH. Ahmad Dahlan.

Menurut sejarah berkembangnya fungsi Simpanglima menjadi alun-alun merupakan saran Presiden pertama Republik Indonesia yang menyarankan pengadaan alun-alun di Semarang sebagai ganti dari Kanjengan. Simpanglima merupakan salah satu landmark kota Semarang. Terdapat lapangan besar yang disebut juga dengan Lapangan Pancasila.

Alun-alun yang dimiliki Semarang sejak masa pemerintahan Adipati Semarang yang pertama itu telah berubah fungsi menjadi pusat perbelanjaan. Sedangkan keberadaan lapangan Pancasila berfungsi sebagai tempat upacara pada hari-hari besar. Kemudahan akses serta banyaknya hotel dan tempat kuliner di kawasan tersebut membuat Simpanglima menjadi tempat wisata serta jantung kota atau pusat keramaian di kota Semarang.


Bukan hanya itu tetapi Simpanglima juga sering menjadi tempat berlangsungnya pertunjukan musik maupun seni budaya, tempat rekreasi, bahkan sebagai pasar tiban pada waktu-waktu tertentu. Berbagai jenis makanan baik makanan berat maupun makanan ringan dijual dengan gaya lesehan mengambil tempat sekitar trotoar dan sekeliling alun-alun.

Keramaian Simpanglima semarang ini bisa anda temui pada hari sabtu sore atau malam minggu, serta hari minggu pagi dimana banyak orang yang menghabiskan waktu untuk week end bersama keluarga maupun sang pacar tercinta.Apalagi sekarang sudah didukung dengan adanya Gerakan Car Free Day, yang memanfaatkan kawasan simpanglima untuk kegiatan olahraga.




Suasana malam hari di sekitar Simpanglima Semarang, banyak diterangi oleh lampu lampu jalan dan hotel serta perbelanjaan di sekitar Simpanglima. Bagi anda yang ingin berwisata malam, dapat menikmati kuliner disekitar Simpanglima ini. Kuliner yang tersedia disini antara lain tahu gimbal, nasi liwet, aneka seafood, pecel ayam dan lainnya.


Suasana malam di Simpanglima ini makin semarak dengan banyaknya sepeda dan mobil mobilan yang dapat dikayuh mengelilingi Simpanglima ini. Uniknya, sepeda dan mobil mobilan ini diterangi dengan Neon/LED yang berwarna warni. Ada sebagian pohon juga dinaungi oleh Neom berwarna warni ini. Hal ini menambah keramahan bagi anda wisatawan yang datang untuk berwisata malam di Simpanglima ini.

Lampu tembak menerangi kawasan alun alun simpanglima ini, Dengan begitu, anda bisa duduk duduk ditengah lapangan menikmati indahnya kawasan Simpanglima ini.

 Kawasan Wisata Lainnya:
  1. Merdeka Walk Medan
  2. Taman Kencana Bogor
  3. Pelabuhan Sunda Kelapa Batavia
  4. Monumen Nasional Monas Jakarta
 Salam Travel Indonesia

Lokasi Simpanglima Semarang

 
0 Komentar untuk "Simpang Lima Semarang, Pusat Aktivitas Warga Semarang"

Terimakasih telah mengunjungi IndonesiaSand. Silahkan menambahkan komentar untuk masukan kepada kami, saling jaga silaturahim antar Blogger. Terimakasih.

Back To Top